Wednesday, October 17, 2012

Kolase #26 : 4 Agustus 2012. Expo Sungai Padang (1).


Akhirnya tiba juga hari di mana kami menggelar acara akbar bertajuk Expo Hasil Desa Sungai Padang 2012. Ini satu-satunya acara yang kami lakukan di luar desa. Teman-teman PJ banting tulang bolak-balik ke Tanjung Pandan dan Tanjung Pendam untuk mengurus segala izin dan tetek bengek lainnya.
Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan hasil desa dari Sungai Padang, seperti belacan (terasi) dan anyaman mangkuang (sejenis pandan dan lais). Tak lupa kami juga mempromosikan Pulau Limaujering dan Pantai Batu Bedhil. Sari kelapa dan Virgin Coconut Oil (VCO) yang sedang kami kembangkan juga terpajang di display.
Lokasi expo ini adalah kawasan wisata Pantai Tanjung Pendam. Area ini terletak di ibu kota Belitung, Tanjung Pandan. Biasanya tempat ini ramai dikunjungi masyarakat yang berjalan-jalan sore, ngabuburit, atawa menikmati sunset. Kalau di Munsang ngga ada warung makan, di tempat ini mereka bertebaran. Kawasan ini sudah punya pengelola sendiri dan memang diarahkan menjadi tempat hiburan serba guna, bahkan ada panggung hiburannya juga. Di bagian timur terdapat deretan toko kerajinan khas Belitung, yakni segala kerajinan olahan hewan laut. Harganya berkisar 20.000 sampai ratusan ribu rupiah. Selain itu mereka juga menjual batu satam (batu khas Belitung) dalam bentuk mentahnya maupun yang sudah menjadi perhiasan seperti cincin dan anting. Kalau mau membeli perhiasan batu satam ini, harus merogoh kocek mulai dari Rp200.000.



Kami beruntung karena Pak Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung, bersedia datang dan meresmikan acara kami ini. Beberapa media lokal Belitung juga berkenan meliput acara ini. Radio Voice of Belitung (VOB) malah sampai mengundang Radit – Muchtar – Bagus untuk melakukan talkshow on air. Dasarnya pelawak, talkshow mereka yang seharusnya mempromosikan expo malah jadi acara yang kocak. Eh tapi siaran mereka ternyata berhasil menarik pengunjung lho. Ada seorang pengunjung yang mengaku mengetahui expo kami dari radio, ya, dari siaran mereka. :’)

Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh. foto : Zidan

sunset Tanjung Pendam. foto : Zidan

Semangat expo hari kedua besok! Semoga sunset-nya ngga tertutup awan lagi! *tetep*


Love,



1 comment:

  1. ana, ijin ambil foto sama share yaa.. py ku ilang smw :(

    ReplyDelete