Wednesday, September 05, 2012

Kolase #11: 18 Juli 2012. Mari Sikat Gigi!

  Hari ini kami mengadakan program pelatihan sikat gigi yang baik dan benar, motivasi pendidikan, penyuluhan bahaya rokok, dan pelatihan menabung di SD N 8 Sijuk. Kesehatan gigi anak menjadi satu hal yang kurang dipedulikan di sini. Kebanyakan anak desa sini giginya keropos. Salah satu faktor utamanya adalah air tanah di Belitong mengandung logam, terutama timah. Saya saja radang tenggorokan setelah beberapa hari minum air mineral yang bermineral di sini. Makanya, setiap ada yang pergi ke Tanjungpandan, kami pasti titip air mineral kemasan, paling tidak 10 botol besar. Selain faktor air, di desa ini juga tidak ada dokter gigi. Lokasi puskesmas ada di kecamatan Sijuk, setidaknya 15 menit perjalanan dengan motor. 
    Saya agak miris melihat wawasan anak-anak di sini yang kurang mengenal dunia di luar Belitung. Mereka masih awam dengan ilmuwan dunia, seperti Einstein. Tokoh terkenal dari Belitung pun mereka masih awam. Mereka mungkin tahu Laskar Pelangi, tapi mereka tidak begitu mengenal Andrea Hirata, penulis novel itu. 
    Saya sempat berpikir untuk mengirimkan mereka komik seri tokoh dunia, agar mereka bisa membuka wawasan serta melihat dunia. Semoga tidak hanya wacana belaka.


Love,

Ana

No comments:

Post a Comment